CARA BELAJAR YANG SALAH DAN SERING DILAKUKAN SISWA



CARA BELAJAR YANG SALAH DAN SERING DILAKUKAN SISWA
Sadar, nggak, kalau selama ini kamu sering belajar dengan cara yang salah? Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan belajar yang buruk. Bukannya menempel di kepala, materi yang dipelajari justru menguap begitu saja. Nah, kenali cara-cara belajar yang salah berikut:

1. Begadang
Siapa yang tidak pernah seperti ini? Belajar pakai sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), bahkan sampai lewat tengah malam. Cara belajar seperti ini justru tidak efektif,karena tubuhmu kelelahan. Kamu perlu istirahat yang cukup agar otak bisa bekerja maksimal dalam mengingat pelajaran.
2. Menggarisbawahi kalimat
Menggarisbawahi kalimat penting di catatan atau buku teks memang bisa membuatmu mengetahui materi mana yang paling penting. Tetapi seringnya kita menggarisbawahi terlalu banyak kalimat. Kalau seperti ini sama saja kamu tidak meringkas apapun.
3. Mencatat segala hal
Mencatat materi itu memang penting untuk membantumu belajar. Tetapi pastikan mencatat yang benar-benar penting saja. Tidak perlu setiap detail kamu catat.
4. Menghapalkan
Daripada menghapalkan catatan atau materi di buku teks, lebih baik kamu memahami konsepnya dan membahasakan dengan kalimatmu sendiri. Ini akan membuatmu lebih mudah mengingat.
5. Belajar Hanya Waktu di Sekolah
Ini kebiasaan yang mulai menjamur, entah apa sebabnya, sehingga pelajar kebanyakan hanya belajar ketika waktu disekolah saja, kamu perlu tahu bahwa waktu disekolah hanya sedikit sekali ketimbang kamu dirumah, paling Cuma 2 jam itupun kalau masuk full, selebihnya kamu habiskan untuk di luar sekolah. Kalau belajarnya Cuma di jam sekolah mau dapat ilmu apa?…
6. Belajar sambil nonton tv
Waw, ini dia masalah di Indonesia saya sering lihat sendiri dimana anak-anak SD dan juga termasuk saya hehe jika belajar sambil nonton tv, gimana mau masuk coba orang yang dipelototin tvnya bukan pelajarannya. Selain berakibat pelajaran tidak nyantol di otak bisa -bisa nilai kitaun ikut jeblok dan akhirnya kecewa sendiri.
7. Belajar langsung beberapa materi
Yaps selain masalah diatas masalah ini juga menyumbangkan nilai banyak untuk kesalahan belajar pada siswa karena dalam sekali belajar siswa langsung mempelajari banyak materi sehingga siswa itupun kepusingan sendiri bila suruh menghafal banyak materi. Sebaiknya jika mempelajari suatu pelajaran dicicil saja sedikit demi sedikit agar otak bisa meresapi apa yang anda pelajari.
8. Belajar di ruang gelap     
Yups jika kita belajar di ruang ang gelap maka mata kita akan terasa pusing dan akhirnya buka belajar malah ditinggal tidur dan akibatnya pelajaranpun tak masuk diotak. Sebaiknya belajarlah diruang yang agak terang tetapi jangan terlalu terang agar mata kita sehat dan pelajaranpun bisa masuk diotak.

Apakah cara belajarmu seperti diatas? Jika iya segera ubah cara belajarmu ya. Semoga bermanfaat, selamat belajar. Salam Sukses !! 


Sumber:

http://mtktik.blogspot.co.id/2012/07/cara-belajar-yang-salah.html
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "CARA BELAJAR YANG SALAH DAN SERING DILAKUKAN SISWA"

Posting Komentar